zona BOB

NO BODY IS PERFECT

NO BODY IS PERFECT
Bobit Kowanus Utomo

Sabtu, 23 April 2011

ILMU POHON



ILMU POHON 
by Bobit Kowanus Utomo



Rasulullah SAW bersabda:
ada tiga hal yang tidak akan terputuskan, walaupun seorang manusia telah meregang ajal, yaitu : amal jariyah, ilmu yang bermanfaat dan doa anak yang shalih.

yang akan saya bahas adalah "ILMU". Diduia ini ilmu ibaratkan "POHON" yang selalu tumbuh dan berkembang di berbagai tempat manapun, sekalipun itu di pinggir jurang. Ilmu tidak akan pernah mati termakan bencana. 

POHON yang bermanfaat adalah pohon yang tumbuh rindang dan memiliki bagaian-bagian pohon (buah, akar, batang dan daun) yang bisa di konsumsi atau dimanfaatkan oleh manusia. Begitu juga dengan ilmu yang kita miliki.Ilmu itu akan jauh lebih bermanfaat jika kita bisa memberikan ilmu yang telah kita peroleh kepada orang lain.

"Di dalam Al-Qur-an terkadang Allah Ta’ala menyebutkan ilmu pada kedudukan yang terpuji, yaitu ilmu yang bermanfaat. Dan terkadang Dia menyebutkan ilmu pada kedudukan yang tercela, yaitu ilmu yang tidak bermanfaat"

Orang-orang yang memiliki ilmu yang tinggi terkadang sering lupa untuk membagikannya ke orang lain. Rasa takut untuk tersaingi bahkan terkalahkan sering datang menghampiri. 

Sebenarnya ketika ketakuatan akan kehilangan atau tersaingi ilmu merupakan sugesti negative yang akan mempengaruhi seseorang dalam bersikap. 
Sugesti positif untuk memperkecil sugesti negativ itu adalah "saya yakin ilmu yang saya miliki tidak akan hilang karena saya berbagi ilmu kepada orang lain. Ilmu akan bertambah karena setiap ilmu yang di berikan akan meningkatkan level ilmu yang telah di anugerahkan ALLAH SWT .  dan saya YAKIN bahwa ALLAH SWT menyukai orang-orang demikian.  


Sebuah hadis yang diriwayatkan oleh seorang sahabat yang bernama Zaid bin Arqam radhiallahu ‘anhu bahwa Rasulullah SAW pernah berkata :

اللَّهُمَّ إِنِّى أَعُوذُ بِكَ مِنْ عِلْمٍ لاَ يَنْفَعُ وَمِنْ قَلْبٍ لاَ يَخْشَعُ وَمِنْ نَفْسٍ لاَ تَشْبَعُ وَمِنْ دَعْوَةٍ لاَ يُسْتَجَابُ لَهَا
Artinya: “Ya Allah. Sesungguhnya aku berlindung kepada Engkau dari ilmu yang tidak bermanfaat, dari hati yang tidak khusyuk, dari jiwa yang tidak pernah merasa kenyang dan dari doa yang tidak dikabulkan.” (HR Muslim No. 6906 dan yang lainnya dengan lafaz-lafaz yang mirip)

ILMU POHON adalah ungkapan yang saya artikan " ILMU yang tidak bermanfaat (tidak di berikan atau disebarkan ke orang lain) ibarat POHON yang tumbuh tetapi tidak menghasilkan (buah, akar, batang dan daun) yang dapat dimanfaatkan oleh manusia. Sebaliknya, ILMU yang bermanfaat (diberikan atau disebarkan ke orang lain) ibarat POHON yang tumbuh dengan menghasilkan (buah, akar, batang dan daun) yang dapat dimanfaatkan oleh manusia)


Tidak ada komentar:

Posting Komentar