zona BOB

NO BODY IS PERFECT

NO BODY IS PERFECT
Bobit Kowanus Utomo

Rabu, 02 Juni 2010

SUKSES MENGUKIR PRESTASI AKADEMIK, ORGANISASI, SPIRITUAL DAN PENGUSAHA MUDA

BOBIT
MAHASISWA SUKSES 
MENGUKIR PRESTASI 
AKADEMIK, ORGANISASI, 
SPIRITUAL DAN PENGUSAHA MUDA




 Hello sobat Xpresi! Wajah berprestasi kita kali ini adalah Bobit Kowanus Utomo. Lebih akrab di panggil Bobit. Namanya unik juga yah. Ternyata di balik nama tersebut mengandung arti yang sangat luar biasa, yaitu Berani Oleh karena Benar Itu Tanda Pertama Keluarga Orang yang berWibawa dan bergunA bagi NUsa dan bangSa. Nama yang sungguh di ciptakan dengan penuh harapan yang besar dari orang tuanya dan semoga harapan itu menjadi kenyataan untuk bobit.Amin.
 Bobit merupakan putra pertama dari Drs. Reko Utomo (ayah) dan Khodijah, SPdi (ibu) kelahiran Jambi, 27 februari 1990 dan ia mempunyai seorang adik bernama Remalda Sukma Sari Sandy yang masih duduk di bangku SMP.  
 Eeh ternyata bobit, begitu ia kerap di sapa, sedang mengurusi ternak ayam arabnya (petelur) ternyata selain kuliah ia juga punya usaha ternak unggas dalam skala kecil (100 ekor). Hal ini di lakukannya sambil kuliah. Katanya ingin menerapkan pola “Learning by Doing” , belajar sambil melakukan. Secara Bobit sebagai mahasiswa fakultas peternakan, tujuannya untuk menerapkan apa yang telah diperoleh secara nyata di lapangan. Ini dilakukannya agar ia mampu menguasai tidak hanya materi kuliah tetapi juga prakteknya di lapangan secara real. Oh iya, “keuntungan usaha unggas (petelur) ini lumayan lohh” Katanya. Mau dong, salut deh buat bobit.
 Tapi gimana dengan kuliahnya bob? Semua tindakan itu pasti ada resikonya. Emang sih kerap kali ketika hendak ke kampus saya sering terlambat. Tapi itu semua saya lakukan untuk melaksanakan pilihan dan konsekuensi yang telah di ambil dan menjalankan semuanya dengan penuh tanggungjawab. Keterlambatan saya datang kekampus bukan karena malas namun karena tanggungjawab atas apa yang telah dipilih. Ketika tiba dikampus dan masuk kelas saya sering mendapat sindiran dari dosen dan teman-teman. Namun saya tidak memperdulikannya dan saya duduk dengan serius memperhatikan dan memahami apa yang disampaikan oleh dosen. Selanjutnya saya memberikan beberapa pertanyaan (feedback) untuk bukti bahwa saya hadir di kampus bukan hanya untuk mengisi absen saja tapi saya benar-benar serius dan membutuhkan ilmu yang disampaikan oleh dosen. Terkadang teman yang masuknya tidak telat (Ontime) belum tentu mau menyimak dan memperhatikan penjelasan dosen. “Allhamdulillah saya membuktikan bahwa meskipun waktu yang tidak penuh namun dengan keseriusan itu membuahkan hasil indeks prestasi Kumulatif (IPK) = 3,83” tutur cowok yang berjiwa wirausaha muda sekaligus berprestasi dan pernah memperoleh IP yang sempurna di semester I = 4,00 (skala 4) serta suka belajar dan menulis sampai larut pagi.  
 Prestasinya di Universitas Jambi tidak diragukan lagi. Ia meraih juara 1 Mawapres (Mahasiswa Berprestasi) tingkat fakultas dan Juara III tingkat Universitas jambi. Hal itu tidak hanya didukung dari keunggulan akademik saja. Namun Bobit juga aktif dalam berorganisasi baik di dalam kampus maupun di luar kampus. “Diantaranya adalah BEM (ket. Biro DIKLAT), UKM Riset dan Penalaran ExIST, Partai Demokrat Mahasiswa (Ket.umum), UKM-Cinema, FKI AL-Izzah, IPBSD/Beswan Djarum RSO-Jambi, Dewa Ftns, Ismapeti (ikatan Senat Mahasiswa Peternakan), Scoot_FM, Blogger, Remaja Mesjid AL-Iman (bilal&Muadzin) dsb,” ungkap cowok yang gemar Nge-Blog dan suka menghadiri seminar ilmiah ataupun seminar nasional ini. Waah sobat ternyata bobit ini selain pandai berwirausaha , ia juga smart di akademik, organisasi dan spiritual juga. Saluuuuut. 
 Prestasi apa yang paling kamu banggain bob? “ menjadi penerima Beasiswa Djarum bakti pendidikan,” tuturnya. Kenapa? “Bisa jalan-jalan ke kota (semarang, bandung, jakarta, dan bukit tinggi) tanpa biaya pribadi dan diberi bekal untuk masa depan berupa skill dan soft skill,” ujarnya. Wahh keliling kota gratis tuh dapat bekal lagi. Mantap. 
 Saat di temui dikampus, mahasiswa yang duduk di semseter VI Fakultas Peternakan Unja dan merupakan asisten dosen beberapa mata kuliah ini ternyata mempunyai jadwal kuliah dan praktikumnya sungguh padat. Sehingga sulit sekali ia ditemui. Kuliah dan praktikum yang dilakukannya terkadang mulai dari jam 8 pagi sampai jam 5 sore hari. Terlebih lagi ada praktikum yang membutuhkan waktu di malam hari 9 malam sampai jam 3 subuh bahkan ada pula jam 4 subuh sampai jam 6 pagi. Waah kapan waktu istirahatnya tuh bob.
 Dengan segala jadwal kegiatan yang begitu padat ia masih sempat meluangkan waktunya untuk melakukan tugasnya di bidang usaha, organisasi dan mengukir prestasi di akademik. Sungguh bangga orang tua yang melahirkan anak ini dan membuat nama yang telah diberikan itu menjadi besar sesuai apa yang diharapkan oleh orang tuanya. 
 Terakhir agenda terdekatnya untuk bulan ini adalah membuat karya tulis untuk MITI, LKT-Beswan Djarum, membuat Laporan Semester Praktikum kuliah, mencari Info hasil Karya Tulis PKM-GT dan banyak lagi persiapan yang dilakukan untuk Ujian semester serta Magang dan Penelitian untuk meraih gelar S1 di Fakultas Petenakan Universitas Jambi. “ Ya Allah, semoga di berikan kelancaran dan kemudahan dalam segala urusan ini” tutur cowok yang kini hendak mencalonkan diri sebagai gubernur BEM dari partainya (PDM) untuk fakultasnya. Amin. Semoga sukses yah sobat yang luar biasa. Do the Best and Be The Best.  

1 komentar: